10/03/17

Tips Usaha Jualan Alat Tulis Kantor (ATK) bagi Pemula

Peluang Usaha Jual Alat Tulis Kantor_Bagi Anda yang bingung ingin memulai sebuah usaha, mungkin salah satu usaha yang cocok untuk di coba oleh siapapun dan tanpa membutuhkan modal yang besar saat ini adalah usaha jual alat tulis kantor. Usaha ini memang tidak membutuhkan modal yang cukup besar, hanya sekitar 3-10 juta rupiah saja Anda dapat memulai bisnis ini.  Selain tak membutuhkan modal besar, usaha ini juga cocok untuk di jalankan bagi Anda yang masih pemula.
Tips Usaha Jualan Alat Tulis Kantor (ATK) bagi Pemula
Bisnis jualan ATK memiliki prospek yang cukup bagus dan tentunya pangsa pasarnya luas. Jumlah konsumen bisa dipastikan akan selalu meningkat tiap tahunnya, mulai dari kalangan masyarakat, pelajar ataupun karyawan kantor. Oleh sebab itu, sangat tepat jika Anda mencoba peruntungan dengan menggeluti usaha jual alat tulis kantor ini.

Nah, bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis ini, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat akan memulai usaha ini. Berikut di antaranya:
  • Melakukan survey terlebih dahulu untuk mencari lokasi penjualan yang strategis. Misalnya saja dekat dengan sekolah, kampus, ataupun kantor.
  • Melakukan analisa terhadap barang-barang yang paling banyak di butuhkan konsumen.
  • Persiapkan dengan matang promosi yang akan Anda lakukan. 
A. Tips Sukses Bisnis Usaha Jual Alat Tulis Kantor ATK)
Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar usaha atau bisnis Anda ini dapat sukses dan bertahan lama:

1.Tentunya pemilihan lokasi yang strategis menjadi poin penting dalam kesuksesan bisnis Anda. Oleh sebab itu, diperlukan survey terlebih dahulu lokasi mana yang sekiranya cocok untuk dijadikan dalam bisnis Anda ini seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sebaiknya pilihlah lokasi usaha yang berasa di sekitar perkantoran, kampus, ataupun sekolah. Lokasi ini cukup srategis karena terdapat banyak konsumen yang membutuhkan alat tulis.

2. Jangan lupa untuk melengkapi barang barang yang Anda jual di dalam toko Anda. Semakin lengkap barang yang Anda jual tentunya akan semakin baik. Anda dapat menjual beragam alat tulis mulai dari pensil pulpen, penggaris, penghapus, dan barang lainnya yang berkaitan dengan ATK.

3. Sesuaikan harga barang dengan lokasi atau mayoritas konsumen di dalam lingkungan Anda. Misalnya saja, jika lokasi Anda berada di lingkungan mahasiswa atau pelajar sebaiknya Anda memberikan harga barang yang terjangkau.

Namun bila lokasi bisnis atau usaha Anda berada di lingkungan karyawan atau pegawai maka Anda dapat memberikan harga yang tinggi. Namun Anda juga dapat menerapkan harga murah untuk semuanya. Dengan prinsip semakin terjangkau maka semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli. Oleh sebab itu, lebih baik bila Anda membeli barang dari distributor besar sehingga lebih murah dibandingkan jika Anda membeli di distributor kecil.

4. Jangan lupa untuk memikirkan strategi pemasaran untuk bisnis Anda. Anda dapat melakukannya dengan cara memasang spanduk atau pun banner atau dapat juga Anda menyebar flyer di sekitaran lokasi bisnis usaha Anda. Anda juga dapat memberikan harga promo pada saat awal atau akhir bulan. Anda juga dapat memberikan potongan harga bagi konsumen yang melakukan transaksi dalam jumlah yang besar.

5. Bila Anda memiliki modal yang cukup, Anda juga dapat menambahkan fasilitas fotocopy sebagai pelengkap usaha Anda. Usaha ATK Anda akan sangat lengkap bila didampingi dengan usaha fotokopi. Harga mesin fotokopi memang cukup mahal, namun Anda juga dapat menyewa atau membeli mesin fotokopi bekas yang masih bagus sebagai solusi.

6. Anda juga dapat menambahkan beragam fasilitas yang menunjang kenyamanan konsumen seperti radio, televise, kursi, hingga kipas bagi konsumen yang menunggu lama agar konsumen tetap betah berada di toko Anda.

7. Jangan lupa untuk selalu ramah kepada konsumen sehingga konsumen Anda dapat bertambah banyak dan tidak berpaling dari Anda.

B. Analisa Usaha Bisnis Alat Tulis Kantor (ATK)
1. Modal Awal
Renovasi Tempat: Rp. 3.000.000,00
Lemari etalase kaca: Rp.1.000.000,00
Rak kayu dan meja display: Rp.1.000.000,00
Meja kursi kasir: Rp. 300.000,00
Papan Nama: Rp. 100.000,00
Kantong plastik: Rp. 100.000,00
Total: Rp. 6.500.000,00

2. Perhitungan laba/rugi 
Pendapatan
Rp.200.000,00 x 30 hari Rp.   6.000.000,00

Biaya – biaya lain
Listrik: Rp 200.000,00
Persediaan ATK: Rp.   2.000.000,00
Gaji Karyawan: Rp. 1.000.000,00
Biaya Perlengkapan: Rp.100.000,00
Biaya Penyusutan Peralatan Rp.      133.313,00
Lain - lain: Rp.      100.000,00
Jumlah: Rp.   3.533.313,00

3. Pendapatan - Biaya
Rp.6.000.000,00 - Rp.3.533.313,00= Rp.   2.466.687,00

Tentunya analisa perhitngan di atas, adalah secara kasar saja. Mungkin bisa berbeda tergantung kapasitas usaha yang Anda inginkan.

Bisnis usaha alat tulis kantor ini tidak akan merepotkan Anda sebagai pelaku bisnis. Kegiatan yang Anda harus lakukan hanyalah belanja rutin barang-barang di dalam toko Anda, supaya jangan sampai stok dagangan Anda habis. Lalu, tinggal tunggu saja pembeli datang, dan Anda melayani sesuai dengan yang mereka beli. Sangat mudah bukan?.

Baca juga Cara Membuka Usaha Toko Kelontong

Demikian tentang Cara Bisnis ATK. Semoga bermanfaat.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Bisnis Online ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Bisnis Online

Blog Bisnis

 
Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top