20/03/17

Cara Cepat Mengganti Domain Blogspot Menjadi .com, .net, .xyz, .web.id, dan Top Level Domain (TLD) Lainnya

Cara Terbaru Mengganti/Mengubah Domain Blogspot ke .com, .net, .xyz, .web.id, dan Top Level Domain (TLD) Lainnya_Sobat Blogger, kita dapat membuat dan merawat blog gratis selamanya di blogger.com menggunakan sub domain blogspot.com. Dasbor maupun hosting Blogger.com juga tetap dapat digunakan secara gratis, walaupun kita tidak menggunakan domain blogspot. Jadi, kita bisa mengubah domain blogspot dengan TLD seperti com, net, id, web.id, org, xyz, dan lainnya. Sebagai contoh konkretnya, saya punya blog dengan alamat puisimasyhuri.blogspot.com dan blog tersebut akan saya ganti dengan alamat puisimasyhuri.com, maka langkah-langkah saya dalam mengganti domain blogspot.com  menjadi .com, seperti di bawah ini.
Cara Cepat Mengganti Domain Blogspot Menjadi .com, .net, .xyz, .web.id, dan Top Level Domain (TLD) Lainnya

Cara Praktis Mengganti Domain Blogspot Menjadi .com, .net, .xyz, .web.id, dan Top Level Domain (TLD) Lainnya

1. Membeli Domain .com Tanpa Hosting
Saya telah membeli nama domain puisimasyhuri.com yang akan saya jadikan sebagai pengganti puisimasyhuri.blogspot.com. Bagi Anda yang belum pernah beli domain, silakan baca Cara Membeli Domain .com Lengkap dengan Cara Konfirmasi Pembayaran sampai Domain Aktif

2. Kelola Domain

a. Ubah Domain Blogspot.com Menjadi .com di Dasbor Blogger
Pada langkah awal ini, silakan Anda lakukan:

1). login menuju Dasbor Blogger.com
2). klik "Setelan Dasar"
3). klik "Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda"

Ubah Domain Blogspot.com Menjadi .com di Dasbor Blogger
4). masukkan domain .com yang Anda Beli (Pastikan Domain Berstatus Aktif), contoh: www.puisimasyhuri.com
5). klik "Simpan"
masukkan domain pengganti

6). Abaikan keterangan: Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 14/12/32/...
Kesalahan 14/12/32/... abaikan saja, yang penting Anda sudah bisa mengetahui Cname 1 dan Cname 2 yang nantinya Anda gunakan dalam pengaturan DNS Management pada Dasbor Pengaturan Domain di Website tempat Anda membeli domain.
Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 14.

Sampai langkah ini, Anda tidak boleh mengeklik "Simpan", tinggalkan saja dulu tab "Dasbor Blogger" seperti halaman di atas. Yang harus Anda lakukan yaitu membuka tab baru untuk login ke Dasbor Website Tempat Anda membeli domain. Lanjutkan baca pada poin 2.b di bawah ini.

b. Mengelola Domain Aktif di Dasbor Tempat Membeli Domain

Sebagai contoh, saya login di Niaga Hoster, kemudian mengeklik "Hosting&Domain", selanjutnya mulai mengelola domain. Adapun langkah-langkah lengkapnya sebagai berikut:
1). Klik "Kelola"
Kelola Domain

2). klik "DNS Management"
Name Server
Pada langkah ini kita hanya menyalin 4 nameserver untuk dimasukkan ketika update name server. Setelah Anda mengetahuinya, silakan klik "Name Server"

3). upadate Nameserver
Masukkan 4 nameserver seperti yang ada pada poin b.2 ke 4 kolom yang tersedia pada halaman update nameserver, kemudian klik "Update".
upadate Nameserver

4). Masukkan 4 record
record 1 = 216.239.32.21
record 2 = 216.239.34.21
record 3 = 216.239.36.21
record 4 = 216.239.38.21
Untuk memasukkan 4 record tersebut, silkan klik "DNS Management" dan klik "Add New Record". Selanjutnya, pada setiap kolom domain masukkan @ dan masukkan record yang sesuai pada kolom Hostname. Jangan lupa klik "Save changes" setelah selesai memasukkan masing-masing record. Perhatikan contoh di bawah ini.

Add New Record
A Record 1
A Record 1
A Record 2
A Record 2
A Record 3
A Record 3
A Record 4
A Record 4
5). masukkan Cname 1 dan 2
Atur Cname
masukkan Cname 1 dan 2
Cname 1
Untuk cname 1 pada semua dasbor Blogger adalah sama yakni www untuk dimasukkan di kolom "domain" dan ghs.google.com masukkan pada kolom "Hostname"
Cname 1
Cname 2
Untuk cname 2 pasti berbeda antara domain blogspot yang satu dengan lainnya, untuk menghindari kesalahan, sebaiknya Anda copas saja langsung dari dasbor blogger yang akan diganti domainnya. Pada contoh di bawah ini, saya copas cname 2 yang sama dengan poin 2.a.6 di atas.
Cname 2
6). Pastikan 4 record dan 2 cname sudah tersimpan dengan benar di DNS Management
Pastikan 4 record dan 2 cname sudah tersimpan dengan benar di DNS Management

c. Tahap Akhir Mengubah Domain Blogspot.com Menjadi .com
Setelah Anda yakin bahwa pengaturan domain di Website Tempat Pembelian Domin sudah benar, silakan lakukan:
1). kembali ke Dasbor Blogger
2). klik "Simpan"
Tahap Akhir Mengubah Domain Blogspot.com Menjadi .com
Proses pergantian dari domain blogspot.com ke .com membutuhkan waktu beberapa menit, bahkan beberapa jam. Kalau pengalaman saya, paling lama 5 menit. Jadi, ketika Anda mengeklik tombol "Simpan" kok domain belum berubah menjadi .com, maka biarkan dulu selama beberapa menit, kemudian klik "Simpan" kembali. Ulangi sampai domain blogspot Anda berhasil menjadi .com dan/atau TLD lainnya.

3). Alihkan alamat blog dengan domain tanpa www ke www
Setelah domain blogspot Anda telah berhasil diganti, maka agar alamat blog Anda bisa diakses dengan alamat www maupun non www, silakan lakukan:

-Klik "Edit" pada domain .com Anda
Alihkan alamat blog dengan domain tanpa www ke www
-beri tanda centang pada kotak yang tersedia
cara mengalihkan domain tanpa www ke www
-klik "Simpan"

Demikian tentang Cara Mengganti Domain Blogspot.com Menjadi .com, .net, .xyz, .web.id, dan Top Level Domain (TLD) Lainnya, dengan contoh mengubah puisimasyhuri.blogspot.com menjadi puisimasyhuri.com. Anda bisa juga mengganti nama domain blogspot yang namanya beda dengan domain .com tertentu, seperti alamat blog peluangbisnisdanusahasukses.blogspot.com yang saya ganti menjadi websitebisnisonline.com. Semoga bermanfaat.

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Bisnis Online ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Website Bisnis Online

Blog Bisnis

 
Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top