28/07/16

Cara Menentukan Bisnis yang Tepat bagi Pemula

Cara Menentukan Bisnis yang Tepat bagi Pemula_Memulai sebuah bisnis memang tidak mudah, apalagi bagi seorang pemula tentunya untuk memulai sebuah bisnis masih banyak hal yang menjadi pertimbangannya. Hal ini wajar saja karena sebagai seorang pemula masih belum cukup memiliki pengalaman untuk berbisnis sehingga tidak tahu harus mulai dari manakah bisnis itu. Selain itu seorang pemula juga akan merasa kebingungan untuk menentukan bisnis apa yang tepat untuk dirinya. Apa lagi jika banyak orang yang bercerita tentang keberhasilannya dalam berbisnis, seperti bisnis online, usaha kecil-kecilan, dan lain sebagainya. Akhirnya kita menjadi bingung sendiri.
Cara Mengawali Bisnis yang Tepat bagi Pemula

Untuk membantu Anda yang akan menentukan bisnis, berikut ini adalah cara menentukan bisnis yang tepat bagi pemula:

1. Pilihlah bisnis yang sesuai dengan keahlian dan hobi kita.
Dalam memilih sebuah bisnis sebaiknya kita memilih bisnis yang berkaitan dengan keahlian dan hobi kita. Misalnya kita suka makan maka bisnis yang tepat adalah bisnis kuliner, membuka rumah makan, dan lain sebagainya. Kita suka belanja online maka tidak ada salahnya Anda belajar bisnis online. Anda suka jalan-jalan maka bisnis yang tepat adalah membuka traveling. Dan lain sebagainya.

Dengan berbisnis sesuai dengan keahlian dan hobi maka Anda akan merasa mampu dan senang untuk menjalankan bisnis tersebut sehingga Anda pun akan merasa bisnis Anda sebagai sebuah kegemaran bukan beban.

2. Membaca peluang bisnis.
Anda harus tahu peluang bisnis apa saja yang memungkinkan untuk Anda kerjakan. Untuk mengetahui peluang tersebut Anda dapat mengamatinya semua kondisi yang ada di sekitar anda. Anda juga dapat mencari informasi, baik itu dari internet maupun lewat media yang lainnya.
Jika Anda masih bingung Anda dapat melakukan sharing pada orang yang Anda anggap dapat dipercaya. Anda dapat mendengarkan setiap saran dan masukannya. Dengan begitu Anda akan mendapatkan gambaran tentang bisnis yang akan Anda jalani.

3. Menentukan sasaran bisnis.
Anda harus tahu siapa yang menjadi sasaran produk anda. Dengan begitu Anda akan dapat mengetahui juga tentang siapa saja yang menjadi pembeli anda, apa yang menjadi keinginannya, dan apa yang menjadi kesukaan mereka saat ini. Selain itu dengan mengetahui sasaran produk maka Anda dapat mengetahui siapa saja yang menjadi saingan Anda dan bagaimana Anda mengatasinya.

Saat ini mungkin sudah ada orang yang memiliki usaha yang seperti Anda lakukan dengan modal yang lebih besar. Dengan mengetahui siapa saja yang menjadi pesaing Anda maka Anda akan dapat memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Pilihlah bisnis sesuai dengan modal.
Sebaiknya dalam berbisnis Anda memperhitungkan modal yang Anda miliki. Dalam berbisnis sebaiknya Anda memiliki modal 3x lipat dari modal yang sebanarnya. Rincian dari modal tersebut adalah sebagian untuk membeli bahan baku, sebagian untuk menggaji karyawan jika perlu, dan sebagian untuk membeli bahan baku cadangan karena kadang konsumen tidak membayarnya tepat waktu sehingga Anda perlu menyediakan modal cadangan.

5. Mencatat semua aktivitas bisnis/perusahaan.
Meskipun mungkin bisnis Anda masih tergolong bisnis kecil tapi tidak ada salahnya Anda membuat tulisan atau catatan setiap aktivitas perusahaan. Buatlah catatan setiap keluar masuknya uang, keluar masuknya barang, setiap perjanjian, kerugian dan keuntungan, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda akan mengetahui perkembangan perusahaan yang Anda miliki.

Cara menentukan bisnis tersebut tidaklah paten. Artinya Anda masih dapat mencari cara yang lain yang sesuai dengan pendapat anda. Yang penting adalah Anda merasa nyaman untuk menjalankan bisnis yang akan Anda mulai tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang cara menentukan bisnis yang tepat bagi pemula. Semoga bermanfaat.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Bisnis Online ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Website Bisnis Online

Tutorial Ngeblog_Info Tips Bisnis

 
Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top