29/01/16

Kerja Buruh Memetik Padi (Mbawon)

Apa itu mbawon?-Setiap padi sudah menguning menjadi tua dan berisi, para petani padi mulai bersiap-siap untuk memanennya. Pada umumnya untuk memetik/memanen padi tidak dikerjakan sendiri oleh para petani. Ini menjadi peluang kerja musiman bagi para buruh tani yakni kerja memetik padi yang sering disebut dengan istilah mbawon. Jadi, mbawon adalah kerja memanen/memetik padi dengan imbalan padi juga, kerja memetik padi ada juga yang menyebutnya dengan derep, jika di daerah Anda istilahnya?.

Besar bayaran/imbalannya pada umumnya 15% ( tergantung standar imbalan di masing-masing daerah ) atau tiap 1 kwintal dari hasil panen, maka untuk petani 85 kg dan 15 kg untuk yang mbawon. Misalkan 1 etak sawah 50 ubin dikejakan kepada 3 pembawon dan menghasilkan 5 kwintal maka upah mbawonnya yakni 5  X 15 : 3, sehingga masing-masing orang yang mbawon mendapatkan imbalan padi 25 kg.

Sahabat Pembaca, imbalan mbawon cukup banyak, oleh karena itu jika musim panen tiba banyak orang yang sementara beralih jenis pekerjaanya menjadi buruh atau tukang mbawon. Mereka banyak yang sementara memilih mbawon daripada kerja dikarenakan kalau dihitung-hitung upah mbawon itu jauh lebih banyak. Selain itu, para tukang mbawon memiliki keyakinan bahwa jika punya padi itu rasanya lebih adem/ayem/tenang.

Panen Padi
Mbawon/Derep

Peralatan mbawon antara lain :
  1. Sabit dan sejenisnya yang digunakan untuk memotong batang tanaman padi
  2. Kandi/bagor untuk wadah padi
  3. Sarap/gelaran untuk alas padi
  4. Alat perontok seperti alat gepyok.
  5. Irig/ayakan untuk memisahkan padi dengan lamen/daun padi kering sehingga padi menjadi bersih.
Team kerja mbawon

Dalam buruh mbawon biasanya para buruh tani ini membentuk team kerja mbawon yang mungkin saja dalam setiap harinya ( pada masa panen ) bisa ganti team dikarenakan misalnya hari ini disuruh kmabwon oleh si A dengan team mbawon si B, C, D, E, kemudian di hari yang lain disuruh oleh si Z dengan team kerja mbawon yang lain atau mungkin bisa juga tetap.

Cara mbawon
  1. Merobohkan atau memotong tanaman padi
  2. Merontok padi
  3. Membersihkan padi
  4. Memasukkan padi ke dalam kandi/bagor/karung
  5. Membawa padi dari sawah ke rumahnya pemilik padi yang disebut dengan istilah "nyonggah"
  6. Proses menimbang padi
  7. Pemilik padi memberi imbalan/upah sesuai standar daerah masing-masing
Sahabat Pembaca, selain pemilik sawah/padi memberikan imbalan yang berupa padi, pada proses pemetikkkan padi pemilik juga ada yang memberikan dan mengantarkan makanan dan minuman ke sawah untuk dimakan oleh yang kerja mbawon. Untuk masalah pemilik padi mau memberikan makanan atau tidak juga tergantung keikhlasan para pemilik sawah/padi.

Jam kerja mbawon

Pada umumnya kerja mbawon dimulai sejak pagi hari ( masalah dimulai pukul berapa itu  tergantung kesepakatan team kerja mbawon masing-masing ), ada juga yang mulai pada malam hari. Untuk istirahat juga tidak ada aturan pasti, jadi tergantung kesepakatan team kerja, akan tetapi jika mbawon dimulai pagi hari misalkan pukul 06.00 maka kalau di daerah saya biasanya pemilik sawah mengirim makanan pada pukul 09.00 WIB. Seperti yang kualami sendiri pada Hari Minggu, 2 Agustus 2015. Kebetulan team mbawon saya ada 10 orang dan memanen padi pada sawah seluas 120 ubin.

Panen Padi
Makan di Sawah- Mbawon

Pada hari itu kami mulai pukul 06.00 WIB, dan begitu senangnya ketika pemilik sawah mengirim makanan dan minuman. Wah nikmat sekali makan di sawah loh. Ya di tengah sengatan terik matahari yang panas, waktu itu kami makan bersama di sawah. Setelah makan, kami melanjutkan lagi pekerjaannya. Singkat cerita, kerja mbawon di hari itu selesai pukul 16.00. 

Demikian tentang Mbawon Padi. Semoga bermanfaat. 
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di Website Bisnis Online ini bermanfaat, silakan berbagi di media sosial lewat tombol share di bawah ini:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Website Bisnis Online

Tutorial Ngeblog_Info Tips Bisnis

 
Daftar Isi- Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top